Label

Rabu, 16 Agustus 2017

Silabus Teknik Komputer dan Jaringan

Lampiran 1
SILABUS MATA PELAJARAN
Satuan Pendidikan     :    SMK
Program keahlian       :    Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran           :    Sistem Komputer
Kelas /Semester           :    X
Kompetensi Inti:
KI 1  :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
          berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  : Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KI 4  : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1 Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam
1.3 Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
2.1.   Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2.   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.1.   Memahami sistem bilangan (Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal)
4.1.   Menggunakan sistem bilangan (Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal) dalam memecahkan masalah konversi
Sistem Bilangan
·    Gambaran umum sistem bilangan
·    Sistem bilangan (Desimal, Biner, Octal dan Hexadecimal)
·    Konversi bilangan
·    Sistem bilangan Binary Code Decimal (BCD) dan Binary Code Hexadecimal (BCH)
·    ASCII Code
Mengamati
Tayangan atau simulsi susunan bilangan desimal satuan, puluhan, ratusan dan seterusnya
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan sistem bilangan
Mengeksplorasi
·   Menuliskan bilangan 1001 dalam beberapa bentuk sistem bilangan
·   Membuat perbandingan pemahaman tentang sistem bilangan pada sistem komputer
·   Mengeksplorasi konversi bilangan (Desimal, Biner, dan Heksa)
Mengasosiasi
Membuat kesimpulan tentang tempat kedudukan (digit) bilangan berdasar pada basis bilangan
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil penulisan beberapa sistem bilangan, BCD , BCH, dan ASCII Code
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang penulisan beberapa sistem bilangan, BCD, BCH serta konversi bilangan
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
·  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi
Tes
Pilihan Ganda, Essay
8 JP
Albert Paul Malvino, Ph.D. , Digital  Computer  Electronics, Tata  McGraw-Hill Publishing Company Limited, Second Edition,  New Delhi.
3.2.   Membedakan relasi rangkaian logik dan fungsi gerbang dasar (AND, OR, NOT, NAND, EXOR)
4.2. Membedakan rangkaian penjumlah dan pengurang dengan gerbang logika (AND, OR, NOT, NAND, EXOR)
Relasi Logik dan Fungsi Gerbang Dasar
·      Relasi logik
·      Operasi logik
·      Fungsi gerbang dasar (AND, OR, NOT)
·      Fungsi gerbang kombinasi (NAND, EXOR)
·      Penggunaan operasi logik
Mengamati
Tayangan atau gambar Relasi logik dan fungsi gerbang dasar yang dinyatakan dalam  4 pernyataan yaitu simbol, tabel kebenaran, persamaan fungsi, dan sinyal fungsi waktu
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau gambar atau hal-hal yang berhubungan dengan relasi logik dan fungsi gerbang dasar.
Mengeksplorasi
·   Mengeksplorasi fungsi masing-masing gerbang untuk 2 buah input data masing-masing  8 bit
·   Mengeksplorasi operasi logik untuk memecahkan masalah
Mengasosiasi
·  Membuat ulasan tentang hubungan antara nama gerbang (AND, OR, dan NOT ) dengan hasil keluaran.
·  Mendiskusikan hasil pemecahan masalah menggunakan operasi logik secara berkelompok
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi  kelompok tentang pemecahan masalah menggunakan operasi logik
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang relasi logik dan fungsi gerbang
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
·  Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok
·  Bahan Presentasi
Tes
Pilihan Ganda, Essay
10 JP
Josef  Kammerer, Wolgang Obertheur [1984], Grundschaltungen, Richard Pflaum Verlag KG, 3. Verbesserte Auflage, Muenchen.
Texas Instruments [1985], The TTL  Data  Book  Volume 1.
3.3.   Memahami operasi Aritmatik
4.3.   Melaksanakan percobaan Aritmatic Logic Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
Operasi Aritmatik
·      Operasi arithmatik (penjumlahan, pengurangan, increment, decrement)
·      Perkalian dan pembagian bilangan biner
·      Operasi aritmatik (penjumlah dan pengurang) dalam BCD
Mengamati
Tayangan operasi aritmatik
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau operasi aritmatik
Mengeksplorasi
·   Membuat perbandingan pemahaman tentang Half Adder, Full Adder, dan Ripple Carry Adder.
·   Mengeksplorasi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan biner untuk 2 buah input data masing-masing 8 bit
·   Mengeksplorasi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan Heksadesimal, increment, dan decrement
·   Melakukan percobaan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan biner pada Arithmatic Logic Unit  ( ALU )
Mengasosiasi
·  Mendiskusikan hubungan antara aturan pada operasi penjumlahan/pengurangan bilangan desimal dengan aturan pada operasi penjumlahan/pengurangan bilangan biner.
·  Mengolah data hasil percobaan kedalam tabel untuk mendapatkan kemungkinan-kemungkinan operasi selain operasi penjumlahan dan pengurangan
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil percobaan operasi penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk tulisan dan gambar rangkaian
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang operasi aritmatik
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat laporan percobaan
Tes
Pilihan Ganda, Essay
6 JP
Klaus-Dieter Thies [1983], Teil I  :  Grundlagen und Architektur, TeWi  Verlag GmbH, Muenchen.
3.4.   Memahami Arithmatic Logic Unit (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
4.4.   Menerapkan operasi aritmatik dan logik pada Arithmatic Logic Unit
Arithmatic Logic Unit (ALU)
·   Rangkaian half dan full adder
·   Rangkaian penjumlah dan pengurang (Ripple Carry Adder)
·   Arthmatic Logik Unit (TTL ALU)
Mengamati
Tayangan Gambar Rangkaian Arithmatic Logic Unit (ALU)
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait gambar rangkaian ALU
Mengeksplorasi
·   Merangkai rangkaian half adder
·   Merangkai rangkaian full adder
·   Mengeksplorasi rangkaian half dan full adder
·   Melakukan pengujian rangkaian half dan full adder yang telah dieksplorasi
Mengasosiasi
·  Mendiskusikan perbandingan antara rangkaian half adder dengan full adder
·  Menganalisa hasil perbandingan antara rangkaian half adder dengan full adder
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil percobaan ALU dalam bentuk tulisan dan gambar rangkaian
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang operasi Arithmatic Logic Unit (ALU)
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuata Laporan percobaan
Tes
Pilihan Ganda, Essay
8 JP
Klaus-Dieter Thies [1983], Teil I  :  Grundlagen und Architektur, TeWi  Verlag GmbH, Muenchen.
3.5.   Memahami rangkaian Multiplexer, Decoder, Flip-Flop dan Counter
4.5.   Merencanakan dan membuat rangkaian couter up dan counter down
Rangkaian Multiplexer, Decoder, Flip-Flop dan Counter
·      Multiplexer dan decoder
·      Rangkaian Flip-flop (RS, JK, D)
·      Shift register
·      Rangkaian Counter
Mengamati
Tayangan Rangkaian Multiplexer, Decoder, Flip-Flop dan Counter
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait gambar rangkaian Multiplexer, Decoder, Flip-Flop dan Counter
Mengeksplorasi
·   Membuat perbandingan pemahaman tentang RS, JK, dan D flip-flop.
·   Mengeksplorasi multiplexer dan decoder sebagai rangkaian utama yang membangun fungsi pada sistem komputer
·   Mengeksplorasi RS, JK dan D flip-flop berdasar pada perilaku clock input.
·   Mengeksplorasi shift register untuk memindahkan informasi dari flip-flop sebelumnya ke flip-flop berikutnya.
·   Mengeksplorasi rangkaian counter
·   Mencoba semua rangkaian di atas yang telah dieksplorasi
Mengasosiasi
Menganalisis data masukan untuk menentukan hasil keluaran pada rangkaian flip-flop.
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil diskusi dalam bentuk tulisan, tabel, dan gambar rangkaian
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang multipplexer, Decoder, Flip-Flop shift register dan Counter
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
·  Membuat laporan hasil  kerja kelompok
·  Laporan hasil percobaan
Tes
Pilihan Ganda, Essay
8 JP
Josef  Kammerer, Wolgang Obertheur [1984], Grundschaltungen, Richard Pflaum Verlag KG, 3. Verbesserte Auflage, Muenchen.
3.6.   Memahami Organisasi dan Arsitektur Komputer
4.6.   Menyajikan gambar struktur sistem komputer Von Neumann
Pengantar Organisasi dan Arsitektur Komputer
·      Pengertian dan perbedaan organisasi dan arsitektur komputer
·      Struktur dan fungsi utama komputer
·      Konsep dasar operasi komputer
·      Struktur mesin Von Neumann
·      Sejarah perkembangan teknologi sistem komputer dari generasi ke generasi
Mengamati
Tayangan tentang Organisasi dan Arsitektur Komputer  dari beberapa sumber belajar
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau teks pembelajaran Organisasi dan Arsitektur Komputer
Mengeksplorasi
·   Membuat perbandingan pemahaman tentang perbedaan antara organisasi komputer dan arsitektur komputer
·   Mengeksplorasi organisasi dan arsitektur komputer
(evolusi komputer)
Mengasosiasi
Menganalisis keterkaitan  antara sistem komputer yang terkini dengan struktur mesin Von Neumann
Mengkomunikasikan
Menyajikan gambar dari struktur mesin Von Neumann
Tugas
Menyelesaikan permasalahan tentang Organisasi dan Arsitektur Komputer
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat laporan tentang hasil  kerja kelompok
Tes
Pilihan Ganda, Essay
10 JP
William Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer,  Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia,  PT  Prenhallindo.
3.7.   Memahami media penyimpan data eksternal (magnetik disk, RAID optical disk dan pita magnetik)
4.7.   Membedakan beberapa alternatif pemakaian beberapa media penyimpan data (semikonduktor, magnetik disk, RAID, optical disk dan pita magnetik)
Media Penyimpan Data Eksternal
·      Magnetik disk
·      Teknologi RAID
·      Optical Disk
·      Pita Magnetik
·      Hirarki dan karakteristik sistem memori (inboard memory, outboard storage, off-line storage)
Mengamati
Tayangan atau demonstrasi jenis – jenis media penyimpan eksternal
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau demonstrasi tentang media penyimpan eksternal
Mengeksplorasi
·   Membuat gambar letak memori Utama (tanpa melalui I/O) dan memori External (melalui I/O).
·   Mengeksplorasi memori eksternal jenis magnetik dan optik
·   Mengeksplorasi teknologi RAID
· Mengeksplorasi memori berdasar Hirarki dan karakteristik sistem memori (inboard memory, outboard storage, off-line storage)
Mengasosiasi
·  Menyimpulkan hasil analisis  memori untuk menentukan karakteristik sistem memori
·  Mengelompokkan memori sesuai dengan hierarkinya
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil dalam bentuk gambar letak media penyimpan eksternal dan memori utama
Tugas
Menyelesaikan masalah memori eksternal dan Utama
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat Laporan dalam bentuk tulisan dan gambar
Tes
Pilihan Ganda, Essay
10 JP
William Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer,  Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia,  PT Prenhallindo.
3.8.   Menganalisis memori berdasarkan karakterisrik sistem memori (lokasi, kapasitas, satuan, cara akses, kinerja, tipe fisik, dan karakterisrik  fisik)
4.8.   Menyajikan gagasan untuk merangkai beberapa memori dalam sistem komputer
Karakteristik  Memori
·   Karakteristik pada memori (lokasi, kapasitas, satuan transfer, metode akses, kinerja, tipe fisik dan karakteristik fisik )
·   Keandalan memori
·   Rangkaian memori RAM - EPROM
Mengamati
Tayangan tentang karakteristik memori
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait Karakteristik Memori
Mengeksplorasi
·   Mengeksplorasi memori berdasarkan karakteristiknya
· Mengeksplorasi keandalan memori
· Mengeksplorasi rangkaian memori (RAM-EPROM)
Mengasosiasi
·  Menyimpulkan hasil analisis  memori untuk menentukan karakteristik memori
·  Mengelompokkan memori sesuai dengan karakteristiknya
Mengkomunikasikan
Menyampaikan hasil gagasan untuk merangkai beberapa memori (RAM-EPROM) dalam bentuk gambar rangkaian
Tugas
Menyelesaikan masalah memori internal dan eksternal
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat laporan dalam bentuk tulisan dan gambar
Tes
Pilihan Ganda, Essay
6 JP
William Stalling, [1997] Organisasi dan Arsitektur Komputer,  Perancangan Kinerja, Edisi Bahasa Indonesia,  PT  Prenhallindo.
3.9.   Memahami memori semikonduktor (RAM, ROM, PROM, EPROM, EEPROM, EAPROM)
4.9 Menerapkan sistem bilangan pada memori semikonduktor (address dan data)
Memori Semikonduktor
·    Pengantar Memori semikonduktor
·    Random Access Memory (Organisasi Memori, Sel memori statis, sel memori dinamis)
·    Read Only Memory (ROM)
·    Programmable Read Only Memory (PROM)
·    Erasable Programmable Read Only Memory (EPROM)
·    Electrically Erasable Programmable Read Only Memory (EEPROM)
·    Electronically Alterable Programmable Read Only Memory (EAPROM)
·    Alamat dan Data pada memori yang dinyatakan dalam bilangan hexa dan biner
Mengamati
Tayangan atau demonstrasi jenis – jenis semikonduktor (RAM, ROM, PROM, EPROM, EEPROM, EAPROM)
Menanya
Mengajukan pertanyaan terkait Memori Semikonduktor
Mengeksplorasi
·   Membuat gambar (diagram) untuk mengelompokkan memori sesuai dengan jenisnya
·   Mengeksplorasi memori Baca – Tulis (RAM)
·   Mengeksplorasi memori yang hanya dapat dibaca (ROM)
· Mengeksplorasi dekoder alamat
Mengasosiasi
Mengelompokkan memori sesuai dengan fungsinya, cara akses, jenis sel, dan teknologinya
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil analisis memori  berdasarkan jenisnya
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang memori semikonduktor
Observasi
Mengamati kegiatan/aktivitas siswa secara individu dan dalam diskusi dengan  checklist  lembar pengamatan atau dalam bentuk lain
Portofolio
Membuat laporan dalam bentuk tulisan dan gambar
Tes
Pilihan Ganda, Essay
10 JP
(5 x  2 JP)
Josef  Kammerer, Peter Lamparter [1985], Mikrocomputer, Richard Pflaum Verlag KG, 4. Verbesserte

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBEDAKAN RELASI RANGKAIAN LOGIKA PADA MATAPELAJARAN SISTEM KOMPUTER SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 PERCUT SEITUAN 2016/2017

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Pendidikan adalah usaha sadar yang sengaja (terkontrol, terencana dengan sadar dan secara si...